Jalan-Jalan

Ondee…Tagalak Den, Kapuyuak!*

IMG_0409

KECOA yang ini emang gokil abis! Lucu dan menggemaskan. Haha! Kapuyuak, bahasa Minangnya kecoa, dijadiin nama usaha distro kaos-kaos plesetan nan lucu yang berlokasi di Bukittinggi. Pastinya didominasi bahasa Minang dong. Samaa kayak di Dagadu-Jogja, Joger-Bali, atau Bah! dan Tau Ko Medan yang dari Medan. Mungkin ada juga di daerah lainnya ya, yang belum saya tau.

Saya sebenernya udah tau lama. Itu karena temen suami yang suka banget ke situ kalo pas lagi di Bukittinggi. Kirain cuma toko kaos biasa untuk orang-orang yang berjiwa muda 😀 Tapi pas kemaren waktu ke Bukittinggi lagi, saya jadi pengen masuk dan liat-liat waktu temen suami yang lainnya, pengen beli di situ. Saya liat, kok rame juga ya. Kebanyakan para abegeh. Aura-auranya udah aura-aura jiwa muda aja nih. Haha! Emang bener. Pas masuk dan baca tulisan-tulisan di kaos-kaosnya yang dipajang itu, yak ampuunn…lucuuu pake bingiittzz! #halah

Trus saya kesoran (bahasa Medan, artinya keasyikan. Pokonya bahasa di tulisan ini campur sarilah..hahaha..) ngeliat-ngeliat dan ngubek-ngubek semua kaos, jaket, sandal, yang ada di situ. Cuma baca-baca tulisannya, ngakak-ngakak sampe puas, trus pulang deh.. *dijewer sama yang punya toko*

Tapi jangan dikira saya ngerti semua kata-kata di kaos-kaosnya itu ya. Kadang-kadang saya bisik-bisik sama suami, nanya artinya. Hihihi… Maklum, denai kan indak urang awak do, jadi indak mangarti baso Minang sadonyo… *lhaaa…katanya ga bisa bahasa Minang?* Oh, yang barusan itu? Hasil contekan kok.. 😀

Jadi ada saatnya saya begitu pede ngakak pas baca satu tulisan, dan syukurlah apa yang dimaksud tulisan itu sama dengan yang saya tangkap. Hahaha… Tapi ada saatnya juga saya mesti nanya satu dua kata yang ga ngerti, baru deh ngakaknya belakangan. *Iyeee..telaatt..huh!

Kaos si pecinta makanan pedas :-D

Salah satu yang dibeli. Tas si pecinta makanan pedas 😀

Ehem. Jadi, toko ini letaknya strategis. Ga jauh dari jam gadang. Cukup jalan kaki dari jam gadang ke arah…eeerr…utara, selatan, timur atau barat ya? Pokoknya, dari jam gadang, ngelewatin monumen Bung Hatta, trus nyebrang ke sarangnya di Simpang Kangkuang Jl. Sudirman no. 19 D dan sarang keduanya di Jl. Panorama no. 4. Iya, mereka nyebut tokonya sarang, sarang kecoa. Hahaha… Antara sarang 1 dan sarang 2 ga jauh. Cuma sekitar 100 meter. Dan dua-duanya ruameee. Apalagi pas weekend kemaren kan. Weehh..yang jaga toko sampe keliatan banget capeknya karena ngelayanin pembeli yang segitu banyak.

Setelah lumayan lama milih-milih, akhirnya saya dan suami nemu juga kaos yang dirasa cocok. Ada beberapa pilihan lain sebenernya, tapi sayang, ukurannya ga ada. Abis. Hiks… Eh ya, tentang penyebutan ukuran kaos ini juga jadi hal lucu yang ga abis-abis. Ukurannya bukan S, M, L, XL, atau XXL. Tapi Ketek (K), Manangah (M), Gadang (G), Gadang Bana (GB), dan Gadang Ba Kalabiahan (GBK). 😀 Harganya juga terjangkau. Produknya kebanyakan masih di kisaran puluhan ribu rupiah per item.

Sebenarnya ada juga sih kaos-kaos bertuliskan plesetan gitu di pasar ateh, tapi ga banyak. Kalo soal lucunya, sebelas dua belas. Hehe… kalo mau kaos plesetan yang banyak pilihan kata dan jenis item-nya, ya di Kapuyuak ini. Yang dijual ga cuma kaos lagi. Ada jaket, topi, tas, sandal dan beberapa jenis aksesoris. Asyik kan? Jadi buat kamoeh-kamoeh yang lagi ke Bukittinggi, jangan lupa mampir di mari. Itung-itung nambah-nambahin koleksi kaos bergambar jam gadang, rumah bagonjong dan bertuliskan “Bukittinggi” yang dibeli di pasar ateh atau di sekitar jam gadang. 😀

Asal jangan lupa ya, biar milih-milih barangnya sambil ngakak-ngakak seru, jangan lupa ajak pemuda setempat..eh, sodara, temen, atau tanya langsung sama sesama pengunjung yang kira-kira ngerti buat nerjemahin kata-kata Minangnya. Hahaha… Kalo tanya ama pramuniaganya ga bakal full diladeni kayaknya. Yaiyalah…pengunjungnya kan ga cuma kamoeh??! 😀

***

*Yak ampuunn…ngakak saya, Kapuyuak!

>>  Sebelumnya bisa kenalan lebih dekat dengan Kapuyuak ini atau pesan online di:

Kapuyuak (website)

Kaos Kapuyuak (facebook)

@kapuyuakkloting (twitter)

 ***

Previous Post Next Post

You may also like

23 Comments

  • Reply Haya Aliya Zaki

    Hihihi Padeh Lover. Lucu-lucu, ya. Seru buat oleh-oleh. 🙂

    November 8, 2014 at 9:14 am
    • Reply annisarangkuti

      Iyaa, Mak Haya..lucu-lucuuu..hihih..kapan2 mampir, Mak.. 🙂

      November 8, 2014 at 9:21 am
  • Reply echaimutenan

    kayak dagadu gitu ya.xixixi
    belum pernah ke bukittinggi xD
    pas buat oleh2 ini kalo kesana ^^

    November 8, 2014 at 9:58 am
    • Reply annisarangkuti

      Iyaa, mbak Echa..pas buat oleh2..kapan2 ke Bukittinggi sila mampir ke sini ya.. 😊

      November 8, 2014 at 2:37 pm
  • Reply waya komala

    Halo, salam kenal ya..
    Hehe, seru-seru tulisan di kaosnya. Aku ngerti bahasanya, meski aku orang melayu.
    Asli bikin ngakak baca ukurannya, GB – Gadang Bana sama GK- Gadang bakalabiahan. Kebayang kalo di sana pasti aku ketawa geli.
    Keren.. suka sama kreatifitas anak-anak muda.. 🙂

    November 8, 2014 at 10:23 am
    • Reply annisarangkuti

      Hehe..iyaa, Mak Waya..yg paling bikin ngakak itu ukuran kaosnya itu 😀

      Salam kenal juga yaa, Mak..makasih udah mampir baca 🙂

      November 8, 2014 at 3:38 pm
  • Reply Evi

    Saya ngerti bahasa Minang… Hahaha…khas banget orang padang, kata-kata humor tapi nyelekit

    November 8, 2014 at 12:29 pm
    • Reply annisarangkuti

      Saya malah baru ngeh kalo humor Padang itu nyelekit, Mak Evi..hehe..Mak Evi memang urang awak atau pernah tinggal di Sumbar? 🙂

      November 8, 2014 at 3:39 pm
  • Reply Ummi Licious

    xiixixi waktu tinggal di Bukit Tinggi dah sering kesana mak 🙂 kebetulan suami orang bukit tinggi :). tokonya emang rame tulisan di kaosnya juga ngocol.

    November 8, 2014 at 1:02 pm
    • Reply annisarangkuti

      Wah..suamiku juga orang Bukittinggi, Mak..Kotogadang tepatnya. Sekarang Emak tinggal di mana? Udah jarang ke Bukittinggi ya? 😃

      November 8, 2014 at 5:19 pm
  • Reply Rizka

    wuah keduluan uni deh publish kapuyuak
    waktu abis lebaran dulu rencana mau posting ini juga tapi ngga jadi2
    btw awak tagalak pulo baco tulisan kapuyuak. uni
    xixixi

    November 9, 2014 at 4:59 am
    • Reply annisarangkuti

      Hihihi..gapapaa ditulis aja lagii..hehe..kan gaya nulis dan pengalaman masing2 beda, mbak..meski tujuannya sama..hehe..ayoo ditulis jugaaa.. 😊

      November 13, 2014 at 3:05 am
  • Reply Ika Koentjoro

    Kalau di jogja namanya DAGADU.

    November 9, 2014 at 3:05 pm
    • Reply annisarangkuti

      Iyaa, Mak Ika..saya pernah ke dagadu..lucu-lucu yaa.. 😊

      November 13, 2014 at 3:09 am
  • Reply Hastira

    aduh kok saya gak lihat sih, padahal sudah ajuh-jauh ke bukittinggi loh dari kota Cirebon, jadi nyesel lihatnya

    November 10, 2014 at 10:06 am
    • Reply annisarangkuti

      Yaahh, mbak.. 😞 tp gapapaa..itu berarti kapan2 mesti ke Bukittinggi lagi, mbak..hehehe..etapi ini bisa pesen online juga loh! 😊

      November 13, 2014 at 3:12 am
  • Reply akhmad muhaimin azzet

    Wah, cocok ini untuk oleh-oleh atau buah tangan ya, Mbak. Kalo di Jogja semacam ini namanya Dagadu.

    November 21, 2014 at 6:31 am
    • Reply annisarangkuti

      Iyaa, Pak Azzet..saya dulu pernah beli dagadu juga. Lucu2 yaa.. 😀

      Makasih udah mampir ya, Pak.. 🙂

      November 29, 2014 at 7:59 am
  • Reply evrinasp

    serius mak, artinya kecoak? untung gambar kaosnya bukan kecoak, takut sayah. ah semoga bisa beli sendiri ke sana alias bisa jalan2 ke Bukit tinggi hehe

    November 28, 2014 at 3:01 pm
    • Reply annisarangkuti

      Walah..baru tau kalo Mak Evrina takut kecoak..ahaha..gambar kecoanya kecil dan lucu kok, Mak.. 😀

      November 29, 2014 at 8:03 am
    • Reply annisarangkuti

      Btw aamiin kapan2 jalan ke Bukittinggi yaaa.. 🙂

      November 29, 2014 at 8:03 am
      • Reply evrinasp

        Aamiin semoga bisa ke sumatera. Kecoak itu tipis mak bentuknya dan klo keinjek menggelikan hiiiii

        November 29, 2014 at 8:09 am
        • Reply annisarangkuti

          Hahaha..iya sih, Mak..mana bau lagi ya..hehe..

          November 29, 2014 at 9:47 am

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: