Inspirasi

Apa Saja Target Ngeblog Saya di 2019?

Wah..bentar lagi kita sampe di pengujung tahun nih. Mari menyambut 2019 dengan semangat 2045 (karena semangat ’45 sudah terlalu mainstream 😆). Sebagai newbie blogger (part 2), saya punya beberapa target agar kegiatan ngeblog saya ada progress-nya. Seenggaknya ada ilmu baru terkait ngeblog yang bisa saya pelajari. Biar acara ngeblognya nggak melulu jalan di tempat. Gimanapun harus ada target biar semangat, ya kan?

 

So, here we go. Ada 7 target ngeblog di tahun 2019 yang ingin saya capai. Hyuuk!

 

Ngeblog minimal 2 kali seminggu

Yaa, sebagai newbie (lagi), saya realistis aja, sih. Ngeblog marathon tiap hari kayak sebulan terakhir ini mungkin nggak akan maksimal saya penuhi untuk seterusnya. Minimal pengennya ada 2 blogpost baru dalam seminggu. Syukur-syukur lebih, ya. Karena saya pengen mengalokasikan waktu juga buat santai bareng keluarga, baca buku yang udah manggil-manggil minta dibaca, dan belajar ini itu yang berkaitan dengan upgrade skill sebagai blogger maupun ibu rumah tangga.

 

Soalnya saya nggak multitasking multitasking amat. Masih terus latihan buat fokus belajar sesuatu agar pemahamannya lebih dalam dan nggak setengah-setengah. Biarpun kelihatan nggak terlalu produktif, tapi istiqomah a.k.a konsistensi menulis tetap jadi juaranya. Sip banget ya keliatannya? 😆 Semoga terealisasi! Aamiin..

 

Blogwalking minimal tiap akhir pekan

Semoga penyakit malas blogwalking (bw) saya sekarang ini bisa berkurang. 😁 Padahal manfaat bw kan banyak ya. Selain jadi ajang kenalan dan silaturrahim sesama teman blogger, kita juga berkesempatan dapet limpahan informasi yang bermanfaat dari banyak sudut pandang.

 

Jadinya minim sekali kesempatan buat baca-baca berita hoaks di situs lain atau bahas-bahas berita politik yang provokatif. Apalagi jelang pilpres gini kan. Cukup bw ke “rumah” teman-teman blogger di suatu komunitas, maka bersiaplah menampung banyak manfaat positif yang mencerahkan. Warbiasak!

 

Belajar infografis

Suka kagum soalnya sama temen-temen blogger yang tampilan blogpost-nya makin ciamik dengan infografis. Deuh, itu ilmu rasanya kok masih ketinggian ya buat saya? Padahal saya kan bisa belajar juga dari para masternya. Atau googling sana sini trus beres.

 

Tinggal niat dan tekad belajarnya ini. 😆 Maka mari tinggalkan sejenak kegiatan ghibah receh ala artis ibukota di Line Today demi belajar sesuatu yang baru (buat saya) ini mulai tahun depan. Haha!

 

Belajar vlog

Jadi pengen nanya, kalau mau belajar ngevlog enaknya sama siapa ya? 😄 Atau ya udah, bisa otodidak juga kan ya. Tinggal siapin peralatan tempur berupa kamera yang cihuy buat merekam setiap momen berharga dan penting untuk dibagi kepada khalayak.

 

Jangan lupa juga tripodnya. Trus ilmu ngedit videonya. Trus kreativitas kontennya. Trus cara gimana supaya channel Youtube-nya bisa mengundang banyak viewers. Ehehe. Yang terakhir sih nggak usah dipikirin dulu, ya. Yang penting alokasikan waktu buat belajar bikin video yang bagus dan berfaedah dulu. Yang lain-lain sih bisa belakangaan.

 

Belajar fotografi

Dulu pernah belajar fotografi di komunitas Kompasianer Hobi Jepret (Kampret). Oke, Kampret-nya jangan dikait-kaitkan dengan simpatisan capres tertentu ya. Kampret yang ini udah ada jauh sebelum kubu Kampret vs Cebong menyerang dunia medsos.

 

Banyak sekali ilmu dasar fotografi berharga yang dulu bisa saya pelajari di komunitas ini. Isinya banyak fotografer beneran yang nyamar jadi Kompasianer soalnya. Jadi ilmu fotografinya memang sudah mumpuni. Diajarin sama teman fotografer beneran sebenernya asyik banget kan ya. Bisa tanya ini itu tanpa sungkan. Sayang, komunitas ini udah lama nggak kelihatan lagi aktivitasnya. Agaknya ikut terpecah belah sejak negara api menyerang. 😅

 

Kamera DSLR saya pun jadinya banyakan nganggur beberapa tahun ini. Udah lama nggak serius njepret dengan ilmu dari suhunya. Apalagi sejak ada Arsya. Fokus untuk belajar itu makin kabur. Tapi ya sudahlah, ya. Mau dikata apa lagi. Agaknya saya harus belajar otodidak (lagi) dan banyak latihan demi menunjang tampilan blogpost dan feed IG yang lebih cetar membahana. Haha!

 

Ikut lomba ngeblog

Kemarin rasanya pengen ikutan lomba blog, tapi kok ya canggung. Udah deg-degan duluan, bingung menentukan kontennya seperti apa trus malah nggak jadi ikut. Haha. Motivasi berprestasinya lagi surut kayaknya. Makanya perlu dikuatkan lagi semangat berkompetisinya demi peningkatan kualitas diri sebagai blogger. Berkompetisi dengan diri sendiri tentu bikin lebih bersemangat dan nggak bikin keder duluan. Iya, kan? *nanya sama diri sendiri. 😁

 

Ngadain Giveaway

Ini kayaknya niat dari dulu yang belum pernah terealisasi. Haha. Pengen ngadain giveaway yang bisa juga dijadikan ajang buat cari tahu kelebihan dan kekurangan blog saya ini. Jadi bisa sebagai bahan evaluasi, gitu. Soal hadiahnya lagi dipikirin. Haha. Semoga worth it dan ke depan bener-bener bisa merealisasikannya. Eh, sebelumnya mau nanya dong sama blogger senior yang udah pernah bikin giveaway, bakal ribet nggak sih? Atau gimana sih prosedurnya? Bisikin dong.. 😁

 

***

 

Itu dia 7 target yang pengen direalisasikan di tahun 2019. Gimana? Kira-kira bakal terealisasi nggak ya? Jawabannya jelas ada pada kebulatan niat dan tekad saya. Haha.

 

Dan sebagai pemicu awal semangat jelang 2019, ini adalah blogpost tema terakhir dari serangkaian tema blog 30 day challenge dari Blogger Perempuan. Yeeaayy!! Alhamdulillah, sampe juga di garis finish! Saya terharuuu. Mengingat selama sebulanan ini bukan nggak ada kendala yang hampir bikin saya keteteran menyelesaikannya. Duh, kalo diceritain bisa panjaanngg. Nanti aja in syaa Allah saya ceritain di blogpost berbeda tentang suka dukanya ikutan blog challenge ini, ya.

 

Mau ngucapin dulu aja ah,

Terima kasih Blogger Perempuan atas motivasinya buat ngeblog marathon sebulan ini. Bagi saya ini sungguh berartii. Ai laf yuuu, BP team.. 😍😘

 

***

 

Ditulis untuk tema ke-30 Blogger Perempuan Network 30 Day Challenge 2018.

Previous Post Next Post

You may also like

4 Comments

  • Reply pertiwi

    Salam Kenal mba, semoga terealisasi ya targetnya, semangat!

    December 21, 2018 at 1:35 pm
    • Reply Annisa Rangkuti

      Salam kenal juga, mbak. Makasih ya udah mampir 😊 semangaatt!!

      January 19, 2019 at 1:15 pm
  • Reply Ludyah Annisah

    Wahh, keren mbaa targetannya. Pas baca ini, tetiba jadi ikutan greget dan pengen bisa belajar infografis sembari mendalami fotografi. Karena, saya fikir seorang blogger minimal paham soal 2 hal ini hehe. Salam kenal mbaa 😄

    December 22, 2018 at 6:07 am
    • Reply Annisa Rangkuti

      Iyaa, bener, mbak. Agaknya 2 hal itu perlu diseriusin ya. Semoga makin mahir..hehe.. Makasih udah mampir. Salam kenal juga ya, mbak.. 😊

      January 19, 2019 at 1:14 pm

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: