Review

5 Situs Anti Kudet Versi AFR

Selain situs media sosial (medsos) yang sudah pasti dikunjungi setiap hari, ada beberapa situs lain yang terbilang sering saya sambangi. Kadang-kadang saya tahunya dari medsos juga sih. Dari medsos, baru klik ke situsnya. Biasanya kalau ada berita nasional maupun internasional yang sedang hangat dibicarakan. Biar wawasannya nambah aja sih dan nggak kudet. Hehe.

Situs apa saja? Ini dia.

Line Today

Dengan bangga saya mengumumkan kalau ini situs idola saya. Haha! Informasi apa saja bisa terangkum komplit di “Lentudei”. Berita nasional, internasional, humaniora, olahraga, drakor, sampai gosip artis terkini. Dari yang receh sampai yang penting, tersaji komplit di Line Today.

 

Memang situsnya sendiri merangkum info dari banyak sumber, seperti kumparan.com, tirto.id, antaranews.com, dll. Lumayan, rangkuman info menarik dan terkini bisa didapat cuma dari satu situs. Biar nggak kudet-kudet amat kalau ternyata Denny Sumargo dan Dita Soedarjo batal nikah. πŸ˜… Yang bikin makin menarik saat berkunjung ke situs ini tentunya adalah komentar-komentar netizennya yang seru dan terkadang julid abis. Haha!

 

Kumparan.com

Kumparan ini agaknya mirip dengan Kompasiana dan beberapa situs lain yang menampung tulisan dari kontributor-kontributor yang membahas isu-isu terkini dengan sudut pandang yang menarik.

 

Ada kalanya tulisan yang tayang di sana bisa merangkum suatu peristiwa terhangat dengan bahasa tulisan yang cerdas, cukup detail dan komprehensif. Tapi ada kalanya pula terkesan biasa karena membahas hal-hal terkini dari sudut pandang umum. Biar begitu, lumayanlah mampir di situs ini untuk mengisi waktu luang.

 

Tirto.id

Situs yang berslogan “Jernih, mengalir dan mencerahkan” ini juga mirip dengan Kumparan. Bedanya, di Tirto ini penyampaiannya dilengkapi infografis sehingga memudahkan pembaca untuk memahami suatu informasi dengan lebih cepat. Tentu infografisnya disertai penjelasan panjang lebar juga, ya. Jadi lebih plus rasanya.

 

Detik.com

Biasanya lihat situs ini kalau ada breaking news saja. Misalnya, berita tentang bencana alam, atau peristiwa-peristiwa penting nan menggemparkan lainnya. Informasinya bisa dibilang valid dan terpercaya, sehingga relatif aman untuk di-share. Kalau ada berita yang rasanya cenderung hoaks, situs ini dan beberapa situs berita lainnya (kompas.com atau liputan6.com) bisa dijadikan rujukan.

 

Konsultasisyariah.com

Situs ini mewakili beberapa situs lain yang membahas seputar agama Islam (misalnya, rumaysho.com, almanhaj.or.id). Dikunjungi kalau sedang butuh pemastian jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seputar fiqih dan masalah syariat lainnya.

 

Formatnya ya layaknya konsultasi berupa tanya jawab. Jawaban ahli agama Islam di situs ini in syaa Allah valid dan terpercaya, karena dijawab oleh para ahli di bidangnya masing-masing. Ada ahli fiqih, tarbiyah, ekonomi syariah, dsb. Jawabannya juga sesuai dengan Al Quran dan Hadits, serta mengemukakan beberapa pandangan mazhab bila pertanyaannya bersifat khilafiyah. Jadi bisalah dijadikan rujukan atau sekadar membuka wawasan dan pemahaman agama Islam.

 

Demikian 5 situs yang terbilang sering saya kunjungi sehari-hari. Situs-situs lainnya cuma tak ingat namanya saja karena saking banyaknya. Semoga yang kelima ini bisalah mewakili aliran informasi yang valid, akurat dan terpercaya.

 

Sebagai netizen, yang penting selalu mengingatkan diri sendiri agar tak termasuk yang suka menyebarkan ujaran kebencian dan hoaks melalui sharing berita di medsos. Hendaknya bersikap hati-hati karena ada UU ITE yang makin ke sini tampaknya makin kuat menjerat siapa saja yang gegabah melahap dan berkomentar tentang suatu peristiwa tanpa dasar fakta yang sahih.

 

***

 

Ditulis untuk tema ke-29 Blogger Perempuan Network 30 Day Challenge 2018.

Previous Post Next Post

You may also like

Leave a comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: