Sisi Lain

4 Tema Blog yang Paling Menarik Perhatian. Apa Saja?

 

(Sudah mirip judulnya Line Today belum? Haha!)

 

Hmmm..menurut Anda, apa kira-kira?
Apa saja sih tema blog yang bisa bikin kita balik lagi balik lagi ke blog yang pernah dikunjungi? Atau apa saja sih tema blog yang kita kuasai dan bikin kita enjoy saat menuliskannya?

 

Saya akan mengurutkan beberapa tema yang paling bisa membuat saya enjoy saat menulis maupun ketika membacanya dari blog teman blogger lainnya mulai dari posisi teratas.

 

Inspirasi/Curhat

 

Inspirasi/Curhat (Foto pribadi milik AFR)

 

Tulisan bertema inspirasi, curhat, dan semacamnya. Layaknya sebuah film, kalimat “based on true story” paling bisa membuat saya tergerak untuk menikmati sebuah karya (tulis).

 

Rasanya senang saja ketika membaca tuntas sebuah tulisan yang bercerita tentang pengalaman hidup yang pastinya membawa hikmah dan pelajaran. Setiap orang takkan ada yang kisah hidupnya persis sama. Bahkan orang kembar sekalipun. Semuanya pasti memiliki pengalaman hidup dan cara menyikapi yang berbeda. Dan itu bagi saya, menarik!

 

Saya pun lebih banyak menulis tema serupa. Blog saya ini memang jenis lifestyle, gado gado, tapi lebih banyak curhatnya. Haha. Apa yang saya cari di blog lain pun demikian juga. Kisah ringan seputar curhat yang murni memang curhatan, atau berbungkus pengalaman parenting, travelling, atau tulisan apa saja yang dikemas dan dipadu dengan sisi emosional penulisnya. Kalau sudah begitu rasanya tulisan itu bernyawa, genuine, tak sekadar menyampaikan informasi yang hanya sampai di otak, tapi juga sampai ke hati pembacanya. Ahsek.

 

Travelling & Kuliner

 

Travelling & Kuliner (Template by Canva App)

 

Ini adalah tema berikutnya yang saya sukai. Aiihh..siapa sih yang tak suka jalan dan makan? Jalan dan makan ibaratnya teman akrab yang sering bertemu di satu kesempatan yang sama. Tapi ada kalanya tak selalu bertemu, namun tetap saling mendukung, saling menguatkan. *Weh..boleh juga ini analoginya. Haha..

 

Agaknya tema travelling dan kuliner ini juga menduduki porsi yang cukup besar di blog saya ini setelah tema inspirasi/curhat. Apalagi kalau saya hitung dari sejak awal saya ngeblog di Kompasiana tahun 2009. Kebanyakan ya seputar cerita perjalanan saya mengunjungi tempat-tempat yang jumlahnya masih alakadar.

 

Jangan dibandingkan dengan travel blogger yang seringkali backpacker-an ke mana-mana. Tujuan perjalanan saya paling banyak masih sekitar Sumatera dan Jawa. Itupun bukan travelling yang sebenar-benarnya travelling. Judulnya cuma jalan-jalan dengan keluarga dan lebih banyak di kota-kota besarnya saja. Jadi belum bisalah dianggap semacam travel blogger. πŸ˜†πŸ˜„

 

Parenting

 

Parenting (Template by Canva App)

 

Jelas, karena sejak 2016 lalu status saya akhirnya berubah jadi seorang ibu. (Alhamdulillah..) Membaca pengalaman seseorang dalam mengasuh buah hatinya selalu menarik. Tapi entah sejak kapan, tulisan bertema parenting tak lagi selalu saya jadikan tema “wajib baca”. Mungkin saya sudah kebanyakan teori parenting. Aplikasinya saja yang belum. Haha. Tapi tetap saja bacaan seperti ini seringkali menambah wawasan dan mampu menguatkan saya dalam menjalani peran sebagai ibu.

 

Bahwa ada ibu-ibu lain, orangtua-orangtua lain, yang memiliki masalah yang sama dalam menghadapi anaknya. Cara menanganinya pun bisa jadi sama, tapi tetap, saya akhirnya belajar untuk melihat anak saya sendiri sebagai pribadi yang unik, yang tak selalu bisa disamakan cara pengasuhannya dengan anak lainnya. Ini tentu mengurangi kebiasaan ibu-ibu yang suka membanding-bandingkan anaknya dengan anak lain. 😁

 

Teori parenting harus dipahami, tapi sekadar acuan secara umum saja. Semua pola asuh akan kembali ke orangtua karena mereka yang paling tahu apa yang terbaik bagi anaknya. Itu juga sebabnya saya belum ada menulis kategori khusus parenting. Paling banter dari sisi teori psikologinya saja, itu pun belum banyak. Jadi suka dengan tema ini belum tentu suka juga menuliskannya..hahah.. Buat saya, lebih baik ngilmu saja dulu dari blog teman teman lain yang banyak membahas soal parenting. Menulis tentang itu adalah soal lain. πŸ˜†

 

Review Film/Buku

 

Review Film & Buku (Template by Canva App)

 

Saat masih aktif sebagai kompasianer dulu, saya beberapa kali menulis review film dan buku. Menulis review film dan buku buat saya sangat mampu melatih daya ingat, konsentrasi, hingga belajar mengemukakan kesan mendalam yang tercipta setelah menonton/membaca tersebut dengan cara yang runtut dan menarik.

 

Meski sekarang yaah, saya sudah jarang sekali menonton film. Jangankan ke bioskop, menonton sebuah film di saat sudah berhasil menidurkan anak adalah sebuah kemewahan. Membaca bukupun perlu diniatkan dan diluangkan waktunya di sela-sela kegiatan. Tapi tetap saja, nafsu besar membeli buku tak selalu dibarengi usaha yang keras untuk menyelesaikan bacaannya. Haha. Agaknya gejala tsundoku semakin merajalela. Aaiihh..

 

***

 

Itu dia 4 tema blog yang paling bisa mencuri perhatian saya. Tema yang lain bukan berarti tak menarik. Intinya sih, tulisan bertema apapun akan terasa lebih bernyawa dan mampu memengaruhi pembaca ketika menuliskannya dengan sepenuh hati dan pikiran. Bukankah begitu? 😊

 

***

Previous Post Next Post

You may also like

2 Comments

  • Reply Faizah ja'far

    Tema yang sering dicari pembaca ini mbak

    November 21, 2018 at 8:25 pm
    • Reply AnnisaRangkuti

      Iyaya,mbak..tema populer dan mainstream ya..hehe..

      November 22, 2018 at 2:19 pm

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: